Cara Sederhana Supaya Bayi Bahagia dan Sehat

Spread the love

Sebagai orang tua harus bisa membuat anak atau bayi yang baru saja dilahirkan selalu merasa bahagia dan kondisinya sehat. Untuk bisa membuat hal itu bisa terjadi caranya tidak terlalu sulit karena untuk membuat bayi bahagia tidak perlu mengeluarkan uang. Untuk orang tua yang masih kesulitan membuat bayinya merasa bahagia sebaiknya baca ulasan berikut ini agar nantinya bisa terus membuat bayi bahagia.

Cara Membuat Bayi Bahagia

Orang tua yang baru memiliki bayi kecil pastinya masih kurang ilmu mengenai cara merawat bayi sebab belum pernah memiliki pengalaman untuk merawat bayi sebelumnya. Salah satu hal terpenting yang harusnya dilakukan oleh orang tua agar bayi tetap sehat kondisinya adalah dengan membuat bayi tersebut selalu bahagia setiap harinya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan supaya bayi bahagia dan berikut penjelasannya.

·         Tanggapi Bayi Saat Menangis Dengan Cepat

Bayi pasti ada waktunya untuk menangis dan ketika menangis sebaiknya ibu harus selalu menanggapi tangisan tersebut dengan cepat dan juga sigap. Kalau ibu sampai membiarkan bayi menangis nantinya bisa membuat anak susah untuk diam dan hal tersebut juga kadang bisa membuat bayi merasa tidak diperhatikan.

Kalau memang mendengar bayi menangis sebaiknya langsung menenangkan bayi tersebut agar mereka merasa nyaman dan tenang.  Untuk menenangkan anak bisa dengan memberikan ASI atau bisa juga dengan mengganti popok biasanya anak menangis karena popok sudah penuh. Anak yang sudah tenang nantinya akan merasa bahagia.

·         Memahami Cara Bayi Dalam Menyampaikan Emosinya

Bayi pastinya belum bisa bicara dan hanya bisa menyusu dan juga menangis tetapi ternyata bayi juga berusaha untuk menyampaikan emosinya melalui berbagai cara. Salah satu cara yang digunakan bayi untuk menyampaikan emosinya adalah dengan menangis, seorang ibu wajib untuk mengetahui tangisan bayi itu menunjukkan emosi seperti apa.

Usia bayi yang boleh bertambah membuat bayi makin pintar dalam menyampaikan emosinya lewat banyak cara seperti menangis sambil mengusap wajah, menekuk lutut ibu, menjerit, dan juga berguling-guling. Ibu wajib untuk cepat tanggap supaya bayi merasakan emosi yang disampaikannya bisa dipahami oleh ibu dan orang-orang sekitarnya.

Baca juga : Tips Merawat Kulit Bayi Sensitif

·         Tertawa Bersama Bayi

Ibu juga perlu mengajak bayi untuk ikut bercanda dan tertawa bersama karena hal tersebutlah yang akan membuat bayi semakin merasa bahagia. Momen seperti itu bisa jadi momen bonding yang bagus untuk perkembangan kecerdasan bayi. Jadi untuk ibu lebih baik ajak anak saat sedang berjaga untuk bercanda dan bersenda gurau agar tidak merasa bosan dan merasa senang.

·         Latih Bayi Agar Punya Kemampuan Baru

Orang tua juga perlu melatih bayi agar kecerdasannya bertambah dan kemampuannya juga ikut bertambah. Untuk bisa membuat bayi memiliki kemampuan baru maka bisa melati si kecil untuk mengenali warna dan juga bentuk, belajar duduk serta belajar berjalan, maupun memainkan permainan edukatif. Saat bayi berhasil melakukan itu semua berikan apresiasi agar nantinya anak lebih semangat lagi untuk belajar dan bisa membangun sifat apresiatif terhadap si anak sampai dewasa.

·         Membantu Bayi Mengenali Emosi

Kalau bayi sedang merasa sedih atau marah sebaiknya ibu harus bisa mengarahkan bayi untuk bisa mengungkapkannya dengan cara membantu bayi mengenali beragam jenis emosi yang wajar untuk bayi rasakan sebagai respons atas sebuah hal. Ibu sangat disarankan untuk melakukan hal tersebut karena bisa membantu bayi mengenali dan juga mengatur perasaan sampai saat dewasa nanti. Dengan melakukan itu semua maka si kecil bisa mengatur perasaan bahagianya sampai batas maksimal.

Kegiatan Yang Bisa Membuat Bahagia Bayi

Membuat bayi merasa senang sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan karena ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membuat hal tersebut bisa terjadi. Kalau memang ingin anak atau bayi bisa senang maka bisa lakukan beberapa kegiatan bersama dengan bayi dan untuk tahu apa saja kegiatan tersebut bisa baca ulasan singkat berikut ini.

·         Jalan-Jalan

Kegiatan pertama yang bisa dicoba adalah jalan-jalan bersama bayi merupakan hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan dan sangat disukai oleh bayi ataupun anak kecil. Ibu tidak perlu mengajak bayi jalan-jalan terlalu jauh cukup jalan di dekat rumah saja atau jalan di taman dekat rumah bisa menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama anak. Ibu bisa membiarkan si bayi menikmati indahnya pemandangan alam dan menghirup udara segar.

·         Mendengarkan Musik

Selain jalan-jalan ternyata mendengarkan musik juga bisa membantu bayi merasa bahagia setiap hari. Semua bayi memang mempunyai ketertarikan terhadap musik dan melodi mempunyai efek menenangkan untuk bayi dan bisa meningkatkan daya ingat bayi serta keterampilan mentalnya. Ibu bisa memutar atau memainkan musik yang berbeda saat bayi bangun dan melihat musik mana yang nantinya bisa membuat bayi merasa nyaman dan yang tidak disukai oleh anak.