5 Cara Merawat Bayi Yang Wajib Diketahui

Spread the love

Merawat bayi yang baru lahir menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pasangan suami istri khususnya yang baru memiliki anak. Memang kalau dilihat dari tingkat kesulitan jelas lebih sulit merawat bayi baru lahir di bandingkan dengan anak yang sudah berumur 2 atau 3 tahun. Meskipun terasa sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan karena ada beberapa cara yang paling tepat untuk merawat bayi yang akan diulas secara lengkap berikut ini.

Panduan Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat bayi dan juga merawat anak yang sudah menginjak usia 1 tahun memang tidak sama karena daya tahan tubuhnya berbeda sehingga cara perawatannya juga berbeda. Untuk ibu-ibu yang baru memiliki anak sangat disarankan untuk memperhatikan cara perawatan bayi karena hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana kondisi kesehatan bayi. Agar bayi tetap sehat sebaiknya ikuti tata cara merawat bayi berikut ini.

·         Lakukan Skin To Skin

Ibu muda wajib untuk melakukan kontak kulit atau skin to skin dengan si kecil karena hal tersebut bisa membantu menghangatkan tubuh bayi secara alami dan juga menjaga suhu bayi agar tetap stabil. Kontak fisik juga perlu dilakukan agar membantu bayi untuk lebih mudah mencari puting susu agar bisa memulai inisiasi menyusui sejak ini dengan mencari puting. Pada saat melakukan proses ini bayi juga akan bisa mendapatkan ASI pertama yang biasa disebut kolostrum.

Kalau ingin melakukan kontak kulit atau kontak fisik dengan si kecil sebaiknya satu jam sebelum menyusui bayi agar nantinya Ibu bisa lebih mendapatkan bayi ke puting susu agar lebih mudah menyusui. Kontak kulit ini jangan hanya dilakukan saat bayi lahir saja tetapi harus rutin untuk dilakukan agar bayi lebih erat jalinannya dengan ibu.

·         Jaga Kebersihan Tali Pusar

Selain diharuskan untuk rutin melakukan skin to skin ternyata untuk merawat bayi juga bisa dengan cara menjaga kondisi tali pusar bayi agar tetap bersih. Umumnya tali pusar bayi akan mengering sendiri dan mengelupas setelah masuk usia 1 minggu tetapi tidak menutup kemungkinan kalau tali pusat tersebut dapat terlepas lebih dari 1 minggu.

Untuk bisa melawan tali pusar tersebut tidak perlu memerlukan perawatan khusus seperti memberikan jamu-jamuan atau cairan obat. Tali pusar juga tidak harus dibungkus menggunakan kain kasa apa ditutup menggunakan popok. Untuk merawat tali pusar ini cukup dengan menjaga tali pusar agar tetap kering dan juga bersih.

Baca juga : 6 Tips Yang Wajib Diketahui Ibu Baru

·         Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar

Untuk bisa menjaga kesehatan bayi maka ibu harus memperhatikan cara menyusui bayi karena cara menyusui yang salah bisa saja menyebabkan anak tidak bisa mendapatkan asupan ASI yang cukup. Waktu yang paling cepat untuk memberikan ASI kepada bayi adalah saat bayi mulai mengepalkan tangan atau memasukkan tangannya ke dalam mulut, perilaku seperti itu menjadi salah satu tanda bayi sedang lapar.

Kalau ingin memberikan ASI sebaiknya jangan dijadwal tetapi ikuti sesuai keinginan bayi dengan melihat tanda-tanda yang sudah disebutkan tadi. Bayi umumnya akan menyusu selama 5 sampai dengan 30 menit dan setelah menyusui bayi jangan lupa untuk membuat bayi bersendawa dengan cara menggendong dan meletakkan bayi di bagian dada sambil menepuk bagian punggung dengan lembut.

·         Memantau Berat Badan

Agar kondisi bayi tetap sehat maka harus rutin mengukur berat badan bayi saat setelah dilahirkan sampai nantinya beranjak dewasa. Umumnya berat badan bayi akan menurun selama 5 hari pertama dan akan naik kembali setelah 5 hari berikutnya. Ibu-ibu jangan merasa takut kalau berat badan bayi masih naik turun karena hal tersebut merupakan hal yang wajar sekali untuk terjadi. Bayi nantinya akan tumbuh dengan sangat cepat setelah hari ketujuh pada minggu ketiga.

·         Mandikan Bayi Dengan Benar

Memandikan bayi baru lahir sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan karena bayi masih mempunyai lapisan lemak yang akan melindungi kulit dan juga berfungsi menjaga suhu tubuh bayi. Kalau sudah masuk 6 jam setelah kelahiran barulah bayi boleh dilap menggunakan air hangat memakai waslap yang halus. Selama tali pusar bayi belum lepas sebaiknya mandikan bayi menggunakan air hangat atau bisa juga disekap menggunakan waslap.

Hal Penting Saat Merawat Bayi

Merawat bayi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan tetapi sangat perlu dilakukan karena perawatan yang benar akan membuat bayi kondisinya selalu sehat. Kalau ingin merawat bayi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun. Sebelum memegang bayi sangat diwajibkan untuk mencuci tangan agar nantinya bayi tidak terinfeksi kuman.

Selain harus rutin mencuci tangan juga perlu memperhatikan saat memegang bagian leher dan juga kepala bayi karena bagian tersebut belum kuat. Kalau memegang leher secara sembarangan bisa membuat leher terkilir dan hal tersebut bisa membuat anak menjadi tidak enak badan.