6 Tips Yang Wajib Diketahui Ibu Baru

Spread the love

Mempunyai anak menjadi salah satu impian semua orang dan kalau sudah berhasil mewujudkan mimpi tersebut maka diwajibkan untuk berhati-hati saat merawat bayi. Untuk pasangan muda yang baru memiliki bayi sangat disarankan untuk memperhatikan cara merawat bayi karena perawatan yang tidak benar akan menyebabkan bayi gangguan kesehatan. Agar tidak terjadi hal seperti itu maka ada baiknya untuk membaca ulasan berikut ini.

Tips Jitu Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Perawatan bayi baru lahir dengan anak yang sudah umur 3 tahun jangan disamakan karena kondisi badan mereka berbeda. Kalau untuk bayi perawatannya lebih disarankan untuk dilakukan secara hati-hati karena bagian-bagian tubuh pada bayi masih belum kokoh seperti bagian leher yang masih sangat rentan. Kalau memang ingin bayinya sehat maka ibu muda wajib untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini.

·         Ganti Popok Bayi Secara Rutin

Bayi biasanya akan menggunakan popok sepanjang waktu karena bayi belum dapat mengontrol buang air besar maupun buang air kecil sehingga perlu memakai popok supaya orang tua tidak terlalu sering mengganti celana. Penggunaan popok tersebut memang sangat disarankan untuk dilakukan tetapi orang tua juga perlu rutin mengganti popok setidaknya setiap 2 atau 3 jam sekali.

Penggantian pupuk yang rutin nantinya bisa mencegah terjadinya infeksi jamur dan juga mencegah kulit bayi mengalami ruam. Untuk popok yang digunakan harus yang ukurannya sesuai dengan berat badan bayi supaya nantinya tidak kesulitan saat memasang ataupun mengganti popok.

·         Jaga Suhu Tubuh Bayi

Ibu juga diwajibkan untuk menjaga tubuh bayi agar tetap hangat karena bayi yang baru lahir belum dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri apalagi untuk bayi yang lahirnya prematur. Pengaturan suhu tubuh pada tubuh bayi tidak dapat dilakukan secara otomatis karena bayi belum memiliki lemak yang cukup di dalam tubuhnya.

Bayi lebih cepat merasa kedinginan dibandingkan orang dewasa sehingga orang tua harus memperhatikan kehangatan tubuh bayi agar nantinya bayi tidak mengalami kedinginan. Untuk menjaga kehangatan tubuh caranya cukup mudah yaitu dengan memandikan bayi menggunakan air hangat atau bisa memeluk tubuh bayi.

·         Memijat Bayi Setelah Mandi

Untuk ibu yang sudah selesai memandikan bayi jangan lupa untuk memijat tubuh bayi setelah selesai mandi. Pijatan tersebut nantinya bisa memberikan banyak manfaat seperti mencegah terjadinya perut kembung dan juga mengurangi rewel dan memudahkan bayi untuk bisa tidur lebih lelap. Saat memijat sebaiknya gunakan minyak khusus bayi yang terbuat dari bahan alami seperti minyak telon.

Saat memijat juga perlu memperhatikan bagian mana saja yang perlu dipijat dan sebaiknya jangan terlalu keras karena tubuh bayi masih sensitif. Setelah selesai memijat jangan lupa lumuri tubuh bayi menggunakan minyak telon agar hangat.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Gizi Juga Kesehatan Tubuh Bayi

·         Gunakan Pakaian Bayi Yang Tepat

Pemilihan pakaian juga menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan karena pemilihan pakaian yang tepat dapat membuat bayi merasa nyaman dan tidak rewel saat sedang terjaga maupun terlelap. Kalau untuk bayi yang masih kecil sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun saat cuaca sedang panas. Kalau mau memasuki musim hujan gunakan pakaian berlapis atau pakaian yang terbuat dari bahan yang cukup tebal.

·         Gunakan Produk Khusus Untuk Bayi

Kondisi tubuh bayi sangat berbeda dengan orang dewasa sehingga kalau ingin menggunakan produk maka produk yang digunakan harus produk yang ditunjukkan khusus untuk bayi. Penggunaan produk yang salah bisa saja membuat kulit bayi mengalami iritasi atau ruam dikarenakan terkena kandungan berbahaya yang ada di produk perawatan. Sebaiknya gunakan produk-produk yang dibuat khusus untuk bayi yang terbuat dari bahan-bahan alami.

·         Menimbang Bayi Secara Rutin

Agar mengetahui kondisi bayi sehat atau tidak maka Ibu perlu menimbang bayi secara berkala atau rutin. Umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan saat minggu pertama dikarenakan banyak cairan tubuh yang hilang. Kalau sudah melewati masa tersebut nantinya berat badan tubuh akan naik dengan sendirinya dan ibu diwajibkan untuk terus memantau kenaikan badan bayi mereka.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Hal yang paling sulit yang dialami oleh ibu muda adalah memandikan bayi khususnya yang baru lahir, memang untuk memandikan bayi baru lahir terbilang cukup sulit karena tubuh bayi masih sangat rentan. Agar tubuh bayi tidak mengalami cedera saat dimandikan maka ada baiknya untuk berhati-hati saat memandikan juga saat menggunakan peralatan mandi.

Agar nantinya bayi merasa nyaman saat dimandikan sebaiknya gunakan air hangat suam-suam kuku dan juga perlu memakai kain yang lembut untuk membersihkan bayi. Supaya tubuh bayi bersih bisa gunakan sabun khusus mandi, setelah selesai mandi langsung gunakan pakaian hangat dan jangan lupa gunakan minyak untuk membuat tubuh bayi tetap dalam kondisi hangat.