Tips Merawat Kulit Bayi Sensitif

Spread the love

Merawat bayi bukan saja merawat keseluruhan tubuh bayi saja tetapi ada beberapa bagian tubuh bayi yang wajib untuk diperhatikan perawatannya seperti kulit bayi. Perawatan kulit sangat diwajibkan untuk dilakukan dengan hati-hati karena kondisi kulit bayi tidak sebagus orang dewasa sehingga rentan sekali terkena penyakit kulit. Agar bayi tidak sampai terkena penyakit kulit seperti itu maka yang harus dilakukan adalah perawatan kulit harus dilakukan dengan benar.

Penyebab Utama Kulit Bayi Sensitif

Kulit bayi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa dikarenakan lapisan kulit terluar pada bayi lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Lapisan kulit terluar yang tipis dikarenakan kulit bayi masih mempunyai sedikit lipid atau lemak pelembab alami kulit dan juga belum mampu menahan air dengan baik sehingga sangat mudah kering.

Kulit sensitif juga bisa dikarenakan kulit bayi sudah tidak lagi mendapatkan bahan hormon kehamilan dari ibu, saat dalam kandungan masih bisa memperoleh pasokan hormon tersebut yang bisa merangsang produksi minyak pada kulit bayi. Waktu sudah dilahirkan tidak lagi menerima hormon tersebut sehingga kulit bayi rentan kering.

Karena kondisi yang seperti itu membuat kulit bayi lebih mudah mengalami peradangan, iritasi dan juga kering sebab struktur kulitnya belum mempunyai perlindungan yang kuat terhadap paparan dari luar. Untuk orang tua sangat diwajibkan untuk memperhatikan perawatan kulit agar nantinya bayi tidak mengalami gangguan kulit seperti yang sudah disebutkan tadi.

Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

Sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mengatasi kulit bayi yang sensitif sebab kondisi tersebut merupakan kondisi bawaan yang tidak dapat dihindari ataupun dicegah. Hal yang bisa dilakukan oleh seorang itu adalah merawat kulit bayi saat muncul reaksi gangguan supaya kondisinya tidak semakin parah dan tidak membuat bayi rewel. Agar nantinya gangguan kulit tidak terlalu parah maka bisa mempraktikkan beberapa cara berikut ini.

·         Memandikan Bayi Dengan Air Yang Hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh ibu adalah memandikan bayi menggunakan air suam kuku bukan air yang panas atau yang terlalu dingin. Saat memandikan bayi sebaiknya gunakan sabun khusus untuk bayi dan usap tubuh bayi dengan lembut saat menyabuni badannya. Kalau saat menyabuni terlalu keras atau malah digosok bisa membuat kulit bayi mengalami kerusakan dan bayi merasa kesakitan.

Memandikan bayi tidak perlu lama-lama karena tubuh bayi tidak terlalu kotor sehingga cukup memandikan sebentar saja. Saat sudah selesai memandikan bayi langsung keringkan badan bayi menggunakan handuk yang halus agar tidak merusak kulit. Saat mengeringkan badan jangan menggosok badan bayi tetapi cukup tepuk badan bayi dengan ringan menggunakan handuk.

Baca juga : Ciri-Ciri Bayi Punya Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

·         Pakai Sabun Mandi Yang Tepat

Sebagai ibu sangat disarankan untuk memilih produk yang nantinya akan digunakan kepada bayi karena tidak semua produk yang bisa dipakai itu aman untuk bayi. Ibu sangat disarankan untuk berhati-hati saat memilih sabun mandi ataupun sampo yang akan digunakan, pilihlah sabun atau shampo yang mempunyai kandungan alami yang aman untuk kulit bayi.

Untuk sabun yang aman digunakan untuk bayi adalah sabun yang berbahan lembut serta hipoalergenik dan juga pilihlah sabun yang bebas pewangi, pewarna dan bebas detergen. Agar lebih aman lagi sebaiknya hindari produk yang terbuat dari bahan kimia keras seperti paraben, sulfat, dan alkohol. Kalau sudah menghindari produk seperti itu dipastikan kulit bayi akan tetap bagus kondisinya.

·         Rutin Mengoleskan Pelembab Kulit Untuk Bayi

Skin Care bukan saja dibutuhkan oleh orang tua tetapi bayi juga membutuhkan Skin Care yang dapat membuat kulit tetap sehat. Skin Care yang sangat cocok digunakan adalah Skin Care yang memiliki pH sesuai dengan pH kulit bayi dan tidak menyebabkan penyumbatan pori juga memicu jerawat. Agar nantinya aman menggunakan Skin Care sebaiknya gunakan Skin Care atau pelembab kulit yang terbuat dari bahan alami.

Jadi untuk ibu yang memiliki bayi sebaiknya berhati-hati saat menggunakan Skin Care tersebut dan jangan lupa untuk melihat informasi mengenai bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Skin Care agar nantinya mengetahui Skin Care tersebut itu aman digunakan atau tidak. Kalau ingin yang jelas aman bisa membeli Skin Care dari merk yang terkenal bukan merk abal-abal yang belum ketahuan kualitasnya.

·         Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Agar kulit bayi tidak sering mengalami gangguan maka yang perlu dilakukan oleh ibu adalah menjaga kulit bayi agar tetap lembab. Untuk bisa membuat kulit kondisinya seperti itu caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan pelembab kulit atau bisa juga menggunakan ramuan-ramuan alami yang aman dan mampu melembabkan kulit secara alami. Ibu juga harus menghindari hal-hal yang bisa membuat kulit bayi kering karena hal tersebutlah yang menyebabkan gangguan kulit lainnya muncul.